Lomba Nusantara Berkreasi 2016

Pasukan Jaranan Kerajaan Dagelan YP2 siap Tampil

Sudah pasti Lingkungan Santo Yohanes Paulus II tidak mau ketinggalan dalam merayakan Pesta Nama Pelindung Paroki Ibu Teresa Cikarang 2016. Puncak perayaan adalah 4 September 2016 dimana diadakan misa kanonisasi Ibu Teresa bertepatan dengan perayaan kanonisasi yang diselenggarakan oleh Bapa Suci Paus Fransiskus meresmikan Ibu Teresa menjadi orang kudus (Santa).

Lomba Nusantara Berkreasi adalah salah satu dari sekian banyak lomba yang diadakan oleh Panitia Pesta Nama Pelindung Paroki (PNPP) tahun ini.  Selain Nusantara Berkreasi, juga ada Lomba Menghias Altar dan Goa Maria, Lomba Fotografi BIA, Lomba Kreasi Taman BIA, Lomba Film Pendek Drama Singkat Hidup Ibu Teresa dan lain-lain.

Puji Tuhan pada Lomba Nusantara Berkreasi yang digelar hari Minggu, 21 Agustus 2016 lingkungan YP2 memborong gelar juara di 9 kategori dari 10 yang dilombakan. Jerih payah, ide, sumbang saran, diskusi, dan waktu serta tenaga yang diberikan masing-masing anggota benar-benar membuahkan hasil maksimal. Untuk mempersiapkan penampilan ini, latihan diadakan dua kali dalam seminggu secara konsisten di rumah Bapak Edi Wahyunaryo, Blok G. Waktu yang diberikan oleh panitia dari mulai sosialisasi lomba sebenarnya dirasa sangat kurang, belum lagi ketika jadwal lomba dimajukan 1 minggu dari tanggal awal yang ditetapkan di tanggal 28 Agustus 2016 menjadi 21 Agustus 2016. Tapi niat dan semangat ikut meramaikan, merayakan dan menyambut dengan sukacita diangkatnya Pelindung Paroki Ibu Teresa menjadi seorang Santa seakan-akan otomatis mengatasi semua halangan kami untuk tetap maju.

Yang lain dan unik dari penampilan YP2 kali ini bukan hanya kostum dan tarian, tapi juga iringan gamelan yang pemain-pemainnya adalah anggota asli YP2 sendiri tanpa menyewa kelompok pemain gamelan yang sudah profesional. Dengan bekal pengetahuan seadanya, para crew pengiring musik gamelan yang terdiri dari pak Pambudiyana, mas Adang, mas Kristiawan Nugroho dan mas Kurnia Setiawan dengan arahan aransemen dari mas Yoseph Novi Astana telah menghasilkan alunan musik yang luar biasa indah, unik dan menghibur. Sebelumnya sempat kesulitan dengan nada dasar gamelan Sunda (do = G) yang ternyata berbeda dengan nada dasar standar do = C. Tapi akhirnya terselesaikan dengan keputusan untuk menggunakan gamelan jawa dengan nada dasar (do = bes) turun satu nada.
Koreografi anak-anak yang disusun dan dilatih oleh Bu Lusi, sekali lagi Ibu Lusi yang luar biasa! telah menghadirkan tarian molek dan cantik di bawah panggung mengiringi ndoro Bei yang diperankan oleh bapak ketua lingkungan YP2 tercinta, Pak Dwi Adinugoho. Lho? kenapa ada ndoro Bei? Ya... YP2 menyajikan lagu wajib "Dari Sabang Sampai Merauke" dan lagu daerah pilihan "Jaranan". Lagu dolanan (mainan) khas anak-anak di daerah Jawa yang sangat populer dengan perlengkapan kuda-kudaan. Drama panggung yang menarik dan lucu dirancang oleh Pak Bambang yang juga sekaligus pelatih paduan suara.
Make-up, kostum dan dandanan juga dipersiapkan dengan sangat baik. Sebagai info, bahwa ibu-ibu maupun bapak-bapak YP2 tidak pergi ke salon manapun dan semua aksesoris dan perlengkapan adalah buatan sendiri.

Dukungan warga YP2 pimpinan ibu Yuni yang menyemarakan suasana juga tidak kalah pentingnya dalam memberikan dukungan sorak sebagai suporter, oleh karena itu YP2 memenangkan juga kategori Suporter Terheboh

Berikut adalah hasil lengkap dari penilaian juri:

Tim Terkompak
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Gregorius

Tim Terbanyak
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Kel Kudus

Suporter terheboh
Juara 1. Yohanes Paulus 2 
Juara 2. Kalistus

Kostum Terbaik
Juara 1. Yohanes Paulus 2 
Juara 2. Gregorius

Koreografi Terunik
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Bunda Hati Kudus

Kategori Pentas Budaya
Juara 1: Hati Kudus Yesus
Juara 2: Barnabas

Koreografi Terbaik
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Gregorius

Iringan Terbaik
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Barnabas

Kostum Terunik
Juara 1: Yohanes Paulus 2 
Juara 2: Kalistus

Teknik Vokal Terbaik

Juara 1: Gregorius
Juara 2: Yohanes Paulus 2
Juara 3: Barnabas

Selamat untuk para juara, tapi sebenarnya semua peserta adalah juara di mata Tuhan dan semua ini kami rayakan dan jalani bukan untuk kejuaraan ataupun nama agar terkenal, tapi semata-mata hanya untuk memuliakan nama Tuhan dan orang kudusnya yang menjadi pelindung paroki kami, Ibu Teresa.

Video rekaman bisa dilihat di saluran youtube YP2 (yp2pitc) berikut ini:



Tetaplah Semangat dan Berkarya, Tuhan Memberkati.


Ndorooo Beiiiiiiii.................... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Copyright (c) 2015 Lingkungan Yohanes Paulus II, All Rights Reserved